loading
Email Us|tel. +6221 7590 1212|fax +6221 7590 1216
Logo Cozy
The 1st On Demand Cloud Service in Indonesia

FAQ Layanan



Tentang LMD

Saya belum pernah mendengar perusahaan bernama LMD sebelumnya, siapa dan apa pengalamannya?

LMD (Lintas Media Danawa) adalah anak perusahaan Lintasarta, perusahaan ICT terkemuka di Indonesia saat ini. LMD didirikan tahun 2008 dengan mengusung visi untuk menjadi pemain terkemuka di bisnis software, cloud dan outsourcing. Dengan demikian sebenarnya LMD sudah mempunyai pengalaman dan expertise yang sebelumnya berada di Lintasarta. Semua infrastruktur cloud juga berada di Data Center Lintasarta yang mempunyai sertifikasi ISO 27001 tentang security. LMD didukung oleh kombinasi tenaga-tenaga ahli berpengalaman yang berasal dari Lintasarta dan antusiasme tenaga muda profesional yang kami rekrut dari industri TI Indonesia.


Cloud Server

Apakah Cloud server itu?

Bayangkan Anda dapat mengadakan sebuah server dalam hitungan menit atau meng-upgrade kapasitas server tersebut dengan cepat. Tidak perlu memesan server terlebih dahulu yang biasanya memakan waktu 3-4 minggu. Dan yang penting Anda bisa memesan benar-benar sesuai kebutuhan, baik itu jumlah core/processor, besar RAM maupun besar storage yang diinginkan. Itulah ide dari konsep cloud server. Sangat customized, cloud server memberi Anda kebebasan penuh untuk menciptakan banyak server berbasis Linux ataupun Windows. Dalam hitungan menit! Cloud server dapat memberikan fleksibilitas total untuk menjalankan berbagai macam aplikasi, mulai dari Java website, aplikasi Ruby on Rails, hingga aplikasi berbasis .NET.

Lalu apa maksudnya on demand cloud server?

On demand cloud server pada prinsipnya sama seperti pengertian cloud server di atas. Hanya saja di sini lebih ditekankan pada pengertian on demand-nya. Maksudnya, Anda membayar biaya server berdasarkan jam yang Anda pakai. Jika suatu saat Anda tidak memerlukan server, maka pada saat itu tidak ada biaya pemakaian yang Anda keluarkan. Jika suatu saat Anda memakai kapasitas dengan besar tiga kali kapasitas normal, maka Anda hanya perlu membayar peningkatan kapasitas tersebut pada saat itu saja.

Mengapa Cozy menagih jam-jaman?

Prinsip kami adalah memberikan layanan secara fair dan kami ingin siapapun dapat menggunakan layanan cloud kami ini. Baik itu perusahaan yang memerlukan waktu operasi selama 24 x 7 jam seminggu ataupun perusahaan software developer yang hanya butuh server dalam beberapa hari saja ataupun perusahaan yang sewaktu-waktu butuh kapasitas besar tetapi dalam masa normal kebutuhannya jauh lebih kecil.

Jika server saya hidupkan tetapi tidak ada trafik, apakah saya harus membayar?

Ya, karena pada dasarnya Anda tetap memakai sumber daya computing kami.

Bagaimana jika server saya matikan? Apakah saya tetap harus membayar?

Tidak, karena cloud server Anda sedang dalam keadaan tidak berfungsi dan sumber dayanya bisa dipakai pihak lain. Tetapi syaratnya, Anda harus mematikan server Anda dari portal cloud, bukan langsung ke server.

Apa beda cloud server dengan dedicated server?

Bedanya ada pada kecepatan pengadaannya. Cloud server hanya butuh beberapa menit untuk membuatnya. Demikian juga jika ingin upgrade kapasitas. Dedicated server butuh waktu lama untuk pengadaannya. Selain itu, cloud server mempunyai fasilitas redundancy di mana jika terjadi fault pada cloud server kita maka sistem akan memindahkan ke lokasi lain, sementara dedicated server tidak mempunyai fasilitas tersebut, kecuali kita membeli lagi hardware yang sama dan membuatnya menjadi redundance. Tapi solusi ini tentu sangat mahal sekali.

Apa beda cloud server dengan VPS (virtual private server)?

Bedanya ada pada skalabilitasnya. Kemampuan membuat VPS dibatasi jumlahnya oleh satu physical server, karena teknologi VPS pada dasarnya adalah membuat satu physical server menjadi beberapa virtual server dengan menggunakan virtualisasi. Jika sudah mencapai batas maksimalnya, kita harus mengadakan lagi physical server yang lain. Antara satu physical server dengan physical server yang lain tidak terintegrasi sehingga tidak bisa redundance. Cloud server dibuat dengan teknologi penyatuan dan pengintegrasian beberapa physical server menjadi satu sistem dengan memakai teknologi grid computing dan kemudian dipecah lagi menjadi beberapa virtual server atau virtual machine (VM) melalui teknologi virtualisasi. VPS = virtualisasi. Cloud = virtualisasi + grid computing

Apakah saya harus membayar bandwidth yang terpakai?

Untuk pemakaian share-bandwidth, baik ke IIX maupun Internet, tidak perlu membayar lagi untuk kuota tertentu. Jika Anda menginginkan kualitas bandwidth yang lebih tinggi dan dedicated hanya untuk Anda, maka kami akan menawarkan opsi khusus layanan bandwidth kami ke Anda. Silakan hubungi Account Manager kami. Demikian juga pemakaian bandwidth antar virtual server tidak dikenakan biaya.>

Bagaimana cara me-manage cloud server saya?

Untuk melakukan cloud server management, baik itu pembuatan user dan role-nya, membuat server, merubah ukuran server, men-delete server, menginstal sistem operasi dan aplikasi, ataupun meng-upload image kita sendiri, caranya mudah. Anda cukup login ke portal cloud kami dan semuanya bisa Anda lakukan dari sana.

Berapa banyak alokasi core, RAM dan storage yang saya dapatkan?

Kami akan mengalokasikan jumlah core, RAM dan storage (disebut juga resource limit) sesuai dengan rencana kebutuhan server Anda di Konfirmasi Berlangganan. Kami tidak akan menagih Anda berdasarkan jumlah alokasi yang diberikan, melainkan hanya berdasarkan jumlah yang terpakai saja. Walaupun demikian sistem kami akan mengurangi jatah alokasi kapasitas tersebut jika Anda tidak memakainya. Untuk menambah jumlah resource limit Anda tinggal masuk ke menu Member Area di web site kami dan klik menu request form penambahan resource limit.

Apakah terdapat kebijakan alokasi jumlah core dan jumlah RAM?

Ya, secara umum pada suatu server jumlah core lebih kecil dibanding jumlah RAM, sehingga kami juga akan mengalokasikan pada resource limit jumlah core yang lebih kecil dibanding jumlah RAM. Tetapi semuanya kembali pada kebutuhan pelanggan.

Berapa besar setiap unit core atau vCPU Cozy?

Saat ini kami menentukan besar setiap core atau vCPU adalah 2000 MHz per unit. Jadi jika Anda menginginkan jumlah core server Anda sebanyak 4 buah maka Anda harus menentukan di awal besar core atau vCPU sebesar 8000 MHz.


Storage

Bagaimana dengan sistem storage Cozy? Apakah data kami di-backup?

Kami sangat sadar bahwa data Anda adalah hal yang terpenting dalam sistem cloud ini. Tanpa data tersebut seperti halnya kiamat bagi Anda. Oleh karena itu kami menyediakan physical storage lain yang berfungsi sebagai backup data Anda.

Seberapa sering Cozy melakukan proses backup?

Kami melakukan proses backup setiap 8 jam sekali yang berarti kami melakukannya 3 kali sehari. Proses backup data kami adalah untuk semua data, tidak dipisah-pisah per pelanggan atau per server. Kami sarankan agar Anda juga melakukan proses backup data sendiri secara periodik.


Control Panel

Apakah user akan mendapatkan control panel?

Ya, Anda akan mendapatkan control panel berupa web portal. Dari sini Anda dapat me-manage server Anda, baik itu membuat, meng-upgrade, menginstalasi sistem operasi atau aplikasi lainnya, melihat status utilisasi dan lain-lain.

Apakah saya bisa menggunakan control panel lain seperti Plesk, Ensim atau Cpanel?

Sebaiknya tidak, karena akan membingungkan. Tetapi Anda dapat juga menginstal software control panel lain ke server Anda.

Apakah subordinate saya juga mendapatkan control panel seperti yang saya dapatkan?

Ya, perbedaannya Anda dapat melihat dan me-manage status semua bawahan Anda, sementara subordinate Anda hanya dapat melihat status mereka sendiri.


Software Applications and other Features

Apakah ada aplikasi yang secara default diinstal di account saya?

Tidak. Kami anggap account Anda adalah sebuah canvas yang masih putih bersih dan Anda dapat meng-upload apapun aplikasi yang Anda inginkan.

Apa saja aplikasi yang ada di Cozy dan bagaimana biayanya?

Saat ini aplikasi yang ada di image repository Cozy hanyalah aplikasi dari Microsoft seperti SQL server, Exchange server, dan lain-lain. Ke depannya kami juga sedang dalam proses bekerja sama dengan para pengembang software lokal untuk menaruh aplikasi mereka di kami sehingga dapat dipakai oleh para pelanggan Cozy. Mengenai biaya aplikasi ini dapat Anda lihat di Layanan Tambahan.


Billing

Bagaimana Cozy melakukan penagihan kepada kami?

Kami akan melakukan proses billing setiap akhir bulan. Jika Anda melakukan registrasi pada tengah bulan maka kami akan menagih secara prorata untuk bulan tersebut. Tagihan akan kami kirimkan melalui email dalam bentuk file PDF sebelum tanggal 5 setiap bulannya.

Berapa lama due-dates pembayaran?

Tanggal due dates pembayaran akan kami tuliskan di lembar tagihan, yang umumnya berdurasi 20 hari setelah tanggal cetak tagihan.

Bagaimana jika saya terlambat membayar tagihan?

Satu minggu terlambat pembayaran maka Anda akan diisolir (suspend) secara otomatis. Jika 2 minggu setelah tanggal isolir masih belum ada pembayaran, maka account Anda akan diterminasi dan jika Anda ingin menggunakan kembali harus mendaftar ulang layanan kami.