loading
Email Us|tel. +6221 7590 1212|fax +6221 7590 1216
Logo Cozy
The 1st On Demand Cloud Service in Indonesia

Mekanisme Cloud



Bagaimana Cloud Bekerja ?


How Cloud Works

Bayangkan Anda adalah seorang IT executive pada suatu perusahaan. Tugas Anda salah satunya adalah memastikan bahwa perusahaan mempuyai hardware dan software yang tepat dalam menunjang bisnis perusahaan Anda.  Membeli hardware saja tidak cukup, Anda juga harus melengkapinya dengan membeli lisensi sistem operasi dan juga lisensi software terkait. Begitu ada kebutuhan baru atau ada versi baru dari software yang Anda gunakan, Anda harus membeli lagi atau membayar annual maintenance. Selain merepotkan, proses ini menyebabkan Anda harus menanggung resiko kegagalan karena mengeluarkan uang di depan untuk membeli hardware dan software yang belum tentu berguna secara baik buat Anda. 



Sekarang terdapat alternatif baru bagi Anda. Daripada menginstal satu-satu suatu software pada komputer tiap karyawan, lebih baik software tersebut diinstal sekali saja di server dan dapat diakses secara bersama-sama oleh para karyawan. Inilah yang disebut cloud computing. Dalam sistem cloud computing terjadi perpindahan workload dari local computer ke server. Permintaan hardware dan software secara satuan akan turun. Hanya perlu interface software saja untuk mengakses server. Interface ini pada umumnya merupakan web browser yang tersedia dengan banyak pilihan dan tidak berbayar.


Tanpa kita sadari sebenarnya kita sudah sering menggunakan aplikasi dengan sistem berbasis cloud computing. Jika Anda mempunyai web based email account, seperti Hotmail, Yahoo!Mail atau Gmail, itu berarti Anda sudah pernah mengalami yang namanya aplikasi cloud computing.  Untuk melihat email, Anda bisa melakukannya di mana saja, yang penting ada internet dan browser. Software dan data Anda tidak tersimpan di komputer yang Anda pakai melainkan terletak di cloud server